RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
KELAS III
DISUSUN
OLEH:
Erika
F1081141036
Dosen
pengampu :
Drs.
Budiman Tampubolon, M.Si.
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TANJUNGPURA
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: III / 2
Alokasi Waktu
: 2 x 35 Menit (1
x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
4. Menghitung keliling dan luas
persegi serta penggunaannya dalam
memecahkan masalah.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Melakukan
Penghitungan Keliling Persegi
4.4 Menggambar dan
Membuat Bangun persegi
4.5 Melakukan Penghitungan
Luas Persegi
4.6 Melakukan
Pemecahan Masalah yang Berhubungan dengan Keliling serta Luas Persegi
C. Indikator
4.4.1 Menggambar Bangun Persegi
4.5.1 Menghitung Luas Persegi
4.6.1
Memacahkan
Masalah yang Berhubungan dengan Luas Persegi
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan dapat:
1.
menemukan
cara menghitung luas persegi
2.
memecahkan masalah yang berkaitan dengan luas
persegi
E. Model/Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
- Penugasan
- Pemecahan masalah (problem solving) dengan
bimbingan guru.
F. Materi
1.Menghitung
Luas Persegi
Perhatikan
bangun datar berikut, berapakah luasnya?
|
|
|
|
Bangun
datar di atas dapat dicari luasnya. Caranya dengan menghitung
semua petak satuan yang ada.
Bangun Datar di atas terdiri atas 4 petak. Maka luasnya adalah 4 petak satuan.
Jadi luas persegi sama dengan daerah dari bidang datar tersebut.
a. Menemukan Luas Persegi
Kita
telah mempelajari bahwa semua sisi persegi adalah sama. Kita juga telah
mempelajari bahwa luas persegi sama dengan daerah bidang datar dari persegi
tersebut. Perhatikan gambar berikut! Persegi ABCD dapat ditentukan dengan
menghitung jumlah petak pada daerah persegi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jika kita hitung
jumlah petak pada persegi ada 25. Maka luas persegi tersebut adalah 25 petak
satuan.
Luas persegi juga dapat dihitung
dengan cara:
·
Menghitung
jumlah petak ke arah mendatar, yaitu 5 petak satuan
·
Menghitung
jumlah petak ke arah menurun, yaitu 5 petak satuan.
·
Mengalikan
jumlah petak mendatar dengan jumlah petak menurun.
Maka luas persegi = jumlah petak
mendatar x jumlah petak menurun
= 5 petak satuan
x 5 petak satuan
= 25 petak satuan
Karena
jumlah petak menadatar dan jumlah petak menurun merupakan
sisi-sisi dari persegi, maka luas
persegi = sisi x sisi
(Luas persegi = sisi x
sisi)
2.Memecahkan
Masalah yang Berhubungan dengan Luas Persegi
Contoh:
Sawah Pak Ali berbentuk persegi.
Keliling sawah itu 160 m.
Carilah luas sawah tersebut!
Jawab:
Keliling
persegi = 4 x panjang sisi
160
= 4 x panjang sisi
160 = panjang sisi
4
40
= panjang sisi
Mencari luas
Luas persegi = sisi x sisi
=
40 x 40
=
1600 m
G. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (± 10 menit)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
/ Tidak
|
–
Guru menyiapkan RPP.
–
Guru menyiapkan alat peraga.
–
Anak-anak berdoa.
–
Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar.
|
Terlaksana
/ Tidak
|
–
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan “bangun datar
persegi”.
–
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Inti (± 45 menit)
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Penutup (± 15 menit)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
H. Evaluasi
Kerjakan dengan
benar!
1.
Sebuah
persegi ABCD memiliki panjang sisi 5 cm, berapakah luas persegi tersebut?
2.
Cici
membeli bingkai foto berbentuk persegi. Panjang sisi-sisinya adalah 40 cm.
Berapakah luasnya?
3.
Sawah
pamanku berbentuk persegi. Panjang sisi-sisinya 9 m. Berapakah luas sawah
tersebut?
Lembar Penilaian
Jumlah soal yang benar X 100 = 3 X 100
= 100
Total soal 3
I. Alat dan Bahan
·
Pen/pensil
·
Buku tulis
·
Penggaris
J. Sumber Pembelajaran
1.
Buku Sekolah Elektronik matematika
SD Kelas III.
2.
Kurikulum KTSP, 2006.
3.
Silabus SD kelas III.
0 komentar:
Posting Komentar