RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATEMATIKA
KELAS III
DISUSUN
OLEH:
Erika
F1081141036
Dosen
pengampu :
Drs.
Budiman Tampubolon, M.Si.
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
JURUSAN
ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TANJUNGPURA
2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan
: Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: III / 2
Alokasi Waktu
: 2 x 35 Menit (1
x Pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
4. Menghitung keliling dan luas
persegi serta penggunaannya dalam
memecahkan masalah.
B. Kompetensi Dasar
4.3 Melakukan
Penghitungan Keliling Persegi
4.4 Menggambar dan
Membuat Bangun persegi
4.5 Melakukan Penghitungan
Luas Persegi
4.6 Melakukan
Pemecahan Masalah yang Berhubungan dengan Keliling serta Luas Persegi
C. Indikator
4.3.1 Menghitung Keliling Persegi
4.4.1 Menggambar Bangun Persegi
4.6.1
Memacahkan
Masalah yang Berhubungan dengan Keliling Persegi
D. Tujuan
Pembelajaran
Siswa
diharapkan dapat:
1.
menghitung
keliling persegi (dengan melibatkan satuan baku).
2.
menggambar
dan membuat bangun datar dengan keliling tertentu.
3.
memecahkan
masalah yang berkaitan dengan keliling persegi
E. Model/Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya Jawab
- Demonstrasi
- Penugasan
- Pemecahan masalah (problem solving) dengan
bimbingan guru.
F. Materi
1. Menghitung
Keliling Persegi
a. Menghitung Keliling
Persegi dengan Menjumlahkan Sisi-sisinya
Perhatikan
persegi ABCD!
Persegi di atas mempunyai empat sisi,
yaitu sisi AB, BC, CD, dan DA. Cara menghitung keliling persegi ABCD adalah
dengan menjumlahkan panjang sisi-sisinya.
Maka keliling persegi panjang
ABCD = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi DA
(Keliling persegi =
sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4)
b.
Menghitung Keliling Persegi dengan Rumus
Perhatikan
kembali persegi ABCD!
Persegi ABCD
mempunyai empat buah sisi yang sama panjang, yaitu sisi AB = sisi BC = sisi CD
= sisi DA. Keliling persegi panjang ABCD = sisi AB + sisi BC + sisi CD + sisi
DA. Karena keempat sisinya sama panjang maka: A B Keliling persegi = 4 x
panjang salah satu sisinya.
(Keliling persegi = 4 x
panjang sisi)
2.
Menggambar dan
Membuat Bangun Persegi
a.Menggambar
Persegi dengan Keliling Tertentu
Kamu telah mengetahui bahwa persegi
termasuk segiempat. Ciri persegi adalah semua sisinya sama panjang. Bagaimana
menggambar persegi yang kelilingnya sudah diketahui?
Misalkan kita
akan menggambarkan persegi dengan keliling 20 cm. Langkah-langkahnya adalah
sebagai berikut.
Langkah 1
Menentukan panjang sisi-sisinya
Keliling persegi = sisi 1 + sisi
2 + sisi 3 + sisi 4.
Karena semua sisinya sama, maka
keliling persegi = 4 x sisi.
Jika
kelilingnya 16 cm, maka sisi-sisinya = 20 : 4 = 5 cm.
Langkah 2
Menggambarkan persegi sesuai
ukuran
Dari perhitungan diperoleh:
Jika keliling persegi 20 cm, maka
panjang sisisisinya
5 cm.
b.Membuat
Bangun Datar Persegi
Kamu telah mengetahui cara
menggambar bangun datar dengan keliling tertentu. Sekarang marilah kita
praktekkan dengan membuat bangun datar pada selembar karton.
Langkah-langkahnya adalah sebagai
berikut.
·
Jika
bangun datar telah diketahui kelilingnya, maka carilah panjang
sisi-sisinya dengan cara yang telah
kita pelajari!
·
Jika
ukuran sisi-sisinya telah kita peroleh, maka gambarkanlah pada
selembar
karton. Cantumkan ukuran-ukuran tersebut pada sisi-sisinya!
·
Selanjutnya,
guntinglah di bagian tepinya. Perhatikan gambar berikut!
3.Memecahkan
Masalah yang Berhubungan dengan Keliling Persegi
Contoh:
Sawah Pak Ali berbentuk persegi.
Panjang sisi sawah itu 40 m.
Carilah Keliling sawah tersebut!
Jawab:
Keliling
persegi = 4 x panjang sisi
= 4 x 40
= 160 m
Pendahuluan (± 10 menit)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
/ Tidak
|
–
Guru menyiapkan RPP.
–
Guru menyiapkan alat peraga.
–
Anak-anak berdoa.
–
Guru mengkondisikan kelas untuk siap belajar.
|
Terlaksana
/ Tidak
|
–
Guru melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan “bangun datar
persegi”.
–
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Inti (± 45 menit)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
Penutup (± 15 menit)
Kegiatan
Pembelajaran
|
Keterlaksanaan
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
|
Terlaksana
/ Tidak
|
H. Evaluasi
Kerjakan dengan
benar!
1.
Sebuah
persegi KLMN, panjang salah satu sisinya 18 cm. Carilah kelilingnya!
2.
Keliling
persegi 24 cm, maka panjang sisi-sisinya ... cm.
3.
Sawah
pamanku berbentuk persegi. Panjang sisi-sisinya 9 m, keliling sawah tersebut?
4.
Kebun
Pak Mastur berbentuk persegi dengan keliling 160 m. Berapa meter panjang
sisi-sisi kebun itu?
Lembar Penilaian
Jumlah soal yang benar X 100 = 4 X 100
= 100
Total soal 4
I. Alat dan Bahan
·
Pen/pensil
·
Kertas
karton
·
Gunting
·
Penggaris
J. Sumber Pembelajaran
1.
Buku Sekolah Elektronik matematika
SD Kelas III.
2.
Kurikulum KTSP, 2006.
3.
Silabus SD kelas III.
0 komentar:
Posting Komentar